Ultimate magazine theme for WordPress.

Kumpulan Teknik Komposisi Foto Terlengkap Dalam Dunia Fotografi

Membahas Mengenai Komposisi Fotografi Dengan Detail Dan Lengkap

123.535

Komposisi Foto – Dalam dunia fotografi sebuah gambar bisa memiliki fungsi dan nilai bagi kehidupan manusia. Fungsi tersebut memiliki nilai kegunaan dan bisa dimanfaatkan bagi setiap orang yang memiliki skill tertentu. Seorang fotografer profesional pasti sangat memahami elemen penting dalam dunia fotografi, mulai dari teknik dasar pengambilan gambar, macam-macam lensa kamera, menguasai penggunaan kamera, dan lain-lain.

Selain itu, sebuah foto juga dapat kita jadikan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan singkat kepada orang lain. Sebagai seorang fotografer, selain memahami beberapa elemen penting di atas. Masih ada lagi elemen penting lain yang perlu kalian pahami, yaitu teknik komposisi foto. Komposisi inilah yang menjadi acuan bagi para fotografer agar bisa menghasilkan sebuah foto sebagai media komunikasi.

Apa Itu Teknik Komposisi Foto?

Secara pengertian dasar komposisi bisa dikatakan sebagai penyesuain, penempatan atau aransemen berbagai unsur visual ke dalam sebuah karya seni. Sedangkan komposisi fotografi sendiri merupakan kesatuan harmonis dari perpaduan unsur visual atau komposisi foto secara tepat. Sehingga dapat menghasilkan gambar menarik dan pesan yang ingin disampaikan fotografer pun dapat dicerna dengan mudah oleh orang lain.

Komposisi fotografi terbagi menjadi beberapa macam teknik. Banyak sekali teknik komposisi yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan foto berkualtias. Oleh karena itu sebagai seorang fotografer, terutama pemula. Tentu kalian wajib mengetahui berbagai macam teknik komposisi ini supaya bisa lebih profesional lagi. Berikut telah kami rangkum pembahasan mengenai macam-macam teknik komposisi fotografi.

Daftar Kumpulan Teknik Kompisisi Fotografi

 

1. Komposisi Fotografi Rule of Third

Teknik komposisi fotografi pertama dalam daftar pertama kali ini adalah rule of third. Teknik komposisi ini merupakan teknik paling mendasar dan harus dipahami oleh seorang fotografer. Dalam menggunakan teknik komposisi ini, fotografer harus membagi bidang foto menjadi 9 bagian dengan ukuran persegi 3×3 sama rata. Setelah itu letakkan point of interest pada titik atau garis potong yang terbagi menjadi 3×3 pada foto tersebut.

Guna peletakkan point of interest pada titik atau pertemuan garis potong adalah supaya foto terlihat lebih menarik dibandingkan dengan titik atau garis lainnya. Untuk memudahkan kamu dalam menggunakan teknik komposisi ini. Kamu bisa memanfaatkan fitur rules of third (grid) yang terdapat di kamera digital, baik pada mode layar live view maupun view finder-nya. Berikut contoh foto dengan komposisi fotografi rule of third.

2. Komposisi Fotografi Golden Shape

 

2. Komposisi Fotografi Golden Shape
2. Komposisi Fotografi Golden Shape

Teknik komposisi fotografi golden shape merupakan komposisi foto dengan membagi bidang foto dengan garis bertepi nyata maupun garis bertepi maya menjadi positif-negatif. Dengan kedua bidang garis bertepi nyata dan garis bertepi maya tersebut foto dapat menghasilkan kontras yang sempurna. Sehingga perpaduan tersebut dapat membuat foto memiliki satu kesatuan yang terlihat nampak lebih harmonis.

Namun pastikan untuk membagi kedua bidang tersebut dengan seimbang agar foto  terkomposisi dengan sempurna. Dengan demikian foto akan terlihat lebih mempesona. Berikut merupakan contoh foto dari teknik komposisi golden shape.

3. Komposisi Fotografi Pattern

3. Komposisi Fotografi Pattern
3. Komposisi Fotografi Pattern

Pattern (pola) bisa menjadi komposisi yang tepat untuk membuat foto terlihat lebih menarik dan harmonis. Komposisi fotografi pattern bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan karya foto yang bagus dengan pengambilan gambar yang tepat. Supaya kamu lebih paham dengan teknik komposisi ini. Berikut telah kami sediakan contoh foto dengan komposisi pattern agar kamu bisa menyesuaikan sudut pandang yang tepat.

4. Komposisi Fotografi Simetris (Centred Composition)

4. Komposisi Fotografi Simetris (Centred Composition)
4. Komposisi Fotografi Simetris (Centred Composition)

Teknik komposisi ini adalah komposisi simetris (centred composition). Teknik ini bisa dibilang mirip dengan komposisi rule of third karena juga menggunakan pembagian bidang foto. Namun yang membedakan adalah pembagian bidang komposisi fotografi simetris hanya menggunakan dua bidang saja, yaitu dengan membagi foto menjadi dua bidang sama rata kanan dan kiri sehingga foto terlihat simetris. Berikut merupakan contoh foto dengan komposisi simetris agar bisa menjadi refrensi untukmu.

5. Komposisi Fotografi Framing

5. Komposisi Fotografi Framing
5. Komposisi Fotografi Framing

Teknik komposisi kali ini bisa dibilang cukup unik karena pengambilan gambarnya memfokuskan suatu objek yang berada di dalam frame. Dari sini bisa kita pahami bahwa teknik komposisi fotografi framing bertujuan untuk membuat pandangan orang lebih memperhatikan objek apa yang ada di dalam sebuah frame dengan mengesampingkan objek yang berada di luar frame.

Frame yang dimaksud dalam teknik ini bukanlah sebuah frame foto buatan atau fisik, melainkan objek yang bisa dijadikan frame baik berbentuk garis nyata maupun garis maya. Berikut merupakan contoh foto dengan komposisi framing agar bisa menjadi refrensi gambar untuk kamu.

6. Komposisi Fotografi Leading Lines

6. Komposisi Fotografi Leading Lines
6. Komposisi Fotografi Leading Lines

Teknik komposisi foto kali ini adalah komposisi leading lines. Ini merupakan salah satu teknik komposisi yang sangat menarik karena dapat menghasilkan foto dengan fokus objek yang pas. Teknik ini bertujuan untuk membuat pandangan orang yang melihat lebih tertuju ke arah objek utama dengan memanfaatkan garis maya atau nyata yang menuntun ke arah objek itu sendiri.

Kamu bisa menggunakan objek seperti jalan, jembatan, dan lain-lain untuk membuat garis maya atau nyata yang menuntun ke arah objek. Supaya kamu lebih paham dengan teknik komposisi ini. Berikut merupakan contoh foto dengan komposisi fotografi leading lines agar kamu bisa menyesuaikan sudut pandang fokus objek yang tepat.

7. Komposisi Fotografi Zooming

7. Komposisi Fotografi Zooming
7. Komposisi Fotografi Zooming

Kali ini kami akan membahas salah satu teknik komposisi foto yang sangat keren, yaitu komposisi fotografi zooming. Tenik zooming merupakan komposisi untuk membuat kesan gerak pada bagian fokus objek dari foto dengan mengubah sudut pandang fokus lensa pada saat eksposure. Namun perlu diperhatikan, perubahan sudut pandang fokus yang mengarah ke objek hanya dapat kamu lakukan dengan menggunakan lensa zoom.

Ketika menggunakan teknik komposisi ini, sangat disarankan menggunakan tripod untuk menopang kamera supaya lebih stabil pada saat pemotretan. Letakkan fokus objek utama pada bagian tengah foto agar ketajaman gambar terlihat relatif lebih baik.

 

8. Komposisi Fotografi Landscape

8. Komposisi Fotografi Landscape
8. Komposisi Fotografi Landscape

Seperti yang kita ketahui teknik fotografi landscape merupakan teknik pengambilan gambar yang dilakukan secara horizontal. Meski teknik ini terlihat mudah, namun sangat diperlukan ketekunan untuk menggunakan komposisi fotografi landscape ini agar dapat menghasilkan suatu karya seni foto yang baik. Untuk menciptakan pemandangan foto landscape yang seimbang adalah dengan memutuskan penempatan horizon secara tepat.

Teknik komposisi foto ini sangat cocok untuk objek yang memberikan kesan bayangan, seperti pepohonan, danau atau kolam, pemandangan bukit, dan lain-lain. Berikut merupakan contoh foto dengan komposisi landscape.

9. Komposisi Fotografi Isolasi Objek (Depth of Field)

9. Komposisi Fotografi Isolasi Objek (Depth of Field)
9. Komposisi Fotografi Isolasi Objek (Depth of Field)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teknik komposisi terakhir yang akan kami bahas dalam daftar kali ini adalah komposisi fotografi isolasi objek (depth of field). Teknik komposisi ini lebih memfokuskan objek dengan membuat latar belakang menjadi blur. Biasanya teknik komposisi ini sering digunakan untuk memotret manusia, hewan, benda, atau objek apapun yang lebih ditonjolkan. Berikut merupakan contoh foto dengan komposisi isolasi objek.

 

Dari kumpulan komposisi fotografi dan contohnya yang telah kami bahas di atas. Menurut kami, komposisi dalam fotografi yang menghasilkan kesan dinamis adalah teknik komposisi leading lines. Mengapa demikian? Dari pengertian teknik leading lines sendiri adalah bertujuan untuk membuat pandangan orang yang melihat lebih tertuju ke arah objek utama dengan memanfaatkan garis maya atau nyata yang menuntun ke arah objek itu sendiri. Teknik komposisi ini terkesan dinamis karena kita bisa menyesuaikan sudut pandang utama terhadap objek maupun garis itu sendiri.

Cobalah terapkan beberapa teknik komposisi yang kamu sukai di atas. Dengan demikian kamu bisa belajar bagaimana cara menggunakan komposisi untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Selain itu, menjadi fotografer tidak harus memiliki kamera digital.

Dengan hanya bermodalkan kamera smartphone yang memiliki lensa berkualitas, tentu kamu juga bisa menjadi fotografer. Dengan menerapkan beberapa teknik di atas, kamu juga bisa menggunakan komposisi fotografi hp untuk menghasilkan foto yang lebih keren.

Buku Digital Komposisi Fotografi Gratis ( PDF )

 

Pembahasan komposisi fotografi di atas hanyalah sebagian dari pembahasan saja. Jika kamu tertarik untuk mempelajari teknik komposisi lebih lanjut. Kamu bisa mengunduh file buku digital komposisi fotografi pdf yang telah kami sediakan dalam link tersebut. Dengan begitu kamu bisa belajar bagaimana cara menjadi seorang fotografer profesional.

Nah, jadi itulah dia kumpulan teknik komposisi foto terlengkap dalam dunia fotografi yang bisa kamu terapkan. Demikianlah pembahasan artikel ini kami buat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mendalami teknik komposisi fotografi. Jikak kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat, silahkan share artikel ini. Terimakasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.